BRAND IDENTITY KERAJINAN BAMBU SELAAWI
Brand Identity Kerajinan Bambu Selaawi
Penelitian Dasar dan Terapan
Mohamad Tohir
Didit Widiatmoko Soewardikoen
Kontribusi UKM selain menyerap lapangan kerja terbanyak di beberapa daerah dan menjadi salah satu penggerak perekonomian yang cukup tinggi, juga dominan terhadap peningkatan Product Domestik Bruto. Produk kerajinan bambu sebagai peralatan rumah tangga dan souvenir mempunyai peluang yang baik untuk dipasarkan. Permasalahannya adalah para pelaku UKM tidak menyadari pentingnya identitas visual untuk sebuah produk, penamaan yang terlalu panjang dan sulit diingat, logo yang kurang menarik membuat produk UKM ini kalah bersaing dengan produk pabrik-pabrik berskala besar, maka diperlukan brand identity dan penerapannya yang dapat membuat produk kerajinan bambu ini dikenal oleh para konsumen. Melalui observasi lapangan, studi pustaka serta wawancara kepada produsen dan wawancara kepada konsumen, diperoleh data yang diperlukan sebagai dasar untuk perancangan brand identity UKM produk kerajinan bambu. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UKM, khususnya pengrajin bambu di Kecamatan Selaawi, Kab. Garut, melalui desain identitas visual produk agar permasalahan pemasaran produk UKM dapat terbantu.
Kata kunci : usaha kecil menengah, identitas merek, kerajinan bambu