Dr. Mohammad Isa Pramana Koesoemadinata, S.Sn., M.Sn.

  • Lecturer

NIP    : 17770081-1
NIDN : 0401027701
Email : [email protected]

EDUCATION

UNIVERSITAS / INSTITUT TAHUN MASUK TAHUN KELUAR BIDANG STUDI
Institut Teknologi Bandung 1994 1999 Sarjana Seni Rupa dan Desain
Institut Teknologi Bandung 2005 2007 Master's in Design Program
Institut Teknologi Bandung 2008 2013 Doktoral Ilmu Seni Rupa dan Desain

RESEARCH :

2012 “Perancangan Kamus Visual Digital Wayang Cirebon” Grant riset JICA ITB 2012.  Anggota Tim Peneliti

2017 “Interpretasi Kolenjer sebagai Pengenalan Budaya Sunda melalui Boardgame” Ketua Tim Peneliti.  Penelitian Dana Internal. LPPM Telkom University Bandung.

2018 “Kajian Warna & Ilustrasi pada Primary Display Panel Kemasan Menggunakan Metode Eye-Tracking”.  Anggota Tim Peneliti.  Penelitian Dana Internal. LPPM Telkom University Bandung.

2018 “Evaluasi Eye Tracking terhadap Persepsi Warna dan Gambar pada Primary Display Panel Kemasan”. Anggota Tim Peneliti.  Penelitian Dana Internal. LPPM Telkom University Bandung.

2019 “Kajian Identitas Visual Iklan sebagai Brand Awareness pada Iklan Audio Visual Aplikasi Jual Beli Online”.  Anggota Tim Peneliti.  Penelitian Dasar Terapan. Internal. LPPM Telkom University Bandung.

2019 “Re-visualisasi Ilustrasi Tradisional-Kontemporer Lukisan Kaca Cirebon ‘Sinta Obong’”. Anggota Tim Peneliti.  Penelitian Dasar Terapan. Internal. LPPM Telkom University Bandung.

2020 Estetika dalam Film-Film Superhero Indonesia Tahun 1970-2019.  SKEMA PENELITIAN DASAR DAN TERAPAN.  LPPM Telkom University

2020 REVITALISASI BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN EKOLOGI GENERASI MUDA.  SKEMA PENELITIAN DASAR DAN TERAPAN.  LPPM Telkom University

COMMUNITY SERVICE :

2016 Pengabdian Masyarakat kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dan Pendampingan Pra Pendirian Koperasi Pondok Pesantren Al-Hikmah Desa Mangunreja Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya. Anggota Tim

2017 Pengabdian Masyarakat kegiatan Pelatihan Promosi Lewat Media online bagi Karang Taruna Gerbang Marema Kecamatan Regol, Kotamadya Bandung, 12 Agustus 2017.

2018 Peningkatan Daya Saing Melalui Branding bagi Koperasi dan UKM di Kabupaten Kota Bandung. Anggota Tim. SKEMA PENGABDIAN MASYARAKAT SKEMA REGULER.  LPPM. Telkom University

2018 Pendampingan Pra Pendirian Koperasi Kelompok Seni, Pelatihan Kewirausahaan, dan Pembuatan Aplikasi Web Untuk Peningkatan Promosi Dan Penjualan Produk Lingkung Seni Dawagung.  PENGABDIAN MASYARAKAT SKEMA KOLABORASI INTERNAL.  LPPM Telkom University.

2019 Pembuatan e-Katalog Produk Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Food Community se-Kab. Bandung.  PERIODE 2 2019, PENGABDIAN MASYARAKAT SKEMA KOLABORASI INTERNAL.  LPPM Telkom University

2020 Perancangan Sign System Pondok Pesantren Assubkiyah Bandung.  PERIODE 1 2020, SKEMA PENGABDIAN MASYARAKAT SKEMA REGULER.  LPPM. Telkom University

PUBLICATON :

2013 Socio-Historical and Cultural Influences on Visual Differentiation of Wayang Kulit of Cirebon, West Java: A Case Study on the Attributes Differentiation of Priest Drona Puppets, TAWARIKH: International Journal for Historical Studies, Volume 5(1) October 2013

2016 Visualizations of Wayang Characters in Comics (Case Study: Bima and Arjuna Characters in the Arts of Ardisoma, Teguh Santosa and Is Yuniarto).  Prosiding seminar Bandung Creative Movement (BCM) 2016, vol.2 November 2016, Fakultas Industri Kreatif, Telkom University, Bandung

2017 Perancangan Buku Ilustrasi Makhluk-makhluk Mitologis Nusantara ‘Tambo Maru’ (Penulis kedua).  Jurnal Seni Rupa Warna, IKJ.  Vol. 3 Jilid 2, Agustus 2017

2017 Board Games as a New Media to Local Geniuses Narratives, Case Study: Board Game Project Based on Astrological System of Kolenjer. Penulis Kedua.  Prosiding. The 4th International Conference on Creative Industries, Bandung Creative Movement (BCM) 2017

2018 Sundanese Aesthetics in Darso’s Video Clip Dulang Kuring 2 (penulis kedua). Jurnal Balong, International Journal of Design.  Vol. 1, No. 1, September 2018

2018 Visual Adaptation of Wayang Characters in Teguh Santosa’s Comic Art.  Mudra, Journal of Art and Culture, ISI Denpasar.  Vol 33, No. 3, September 2018

2019 Implementation of the Cognitive Theory of Multimedia Learning in Mobile Apps Interactive Story of Lutung Kasarung (Penulis Ketiga).  Prosiding.  Conference on Managing Digital Industry, Technology and Entrepreneurship (COMDITE) 2019. 

2019 Designing a Photobook of Historical Buildings in the City of Surabaya (Penulis Kedua).  Jurnal VCD, Vol 3, No 1 (2018), Universitas Ciputra, ISSN: 25485350

2019 Urban Legend Locations of Bandung City Photobook Design (Penulis Kedua).  Prosiding Online.  6th Bandung Creative Movement (BCM) 2019 International Conference

2019 Photobook Design of Ancient Temples in Magelang Regency (Penulis Kedua).  Prosiding Online.  6th Bandung Creative Movement (BCM) 2019 International Conference

2019 Kajian Warna & Ilustrasi Primary Display Panel Kemasan Menggunakan Metode Kuesioner dan Eye-Tracking (Penulis ketiga).   Jurnal Manajemen Teknologi SBM ITB

2020 Sundanese and Modernity in Sci-fi Comic (Case Study:Astahiam Nyasab series of Sundanese Magazine Mangle in 1986).  Proceedings of the First Conference of Visual Art, Design, and Social Humanities, CONVASH, 2 November 2019, Surakarta, Central Java, Indonesia.  https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.2-11-2019.2294719