Pelatihan Promosi lewat Media Online bagi Karang Taruna Kecamatan Regol Kotamadya Bandung
Oleh:
Dr. Moh. Isa Pramana Koesoemadinata, S.Sn., M.Sn.
Andreas Rio Adriyanto, S.E, M.Eng.
Hampir setiap kelurahan dan kecamatan banyak terdapat Karang Taruna, Karang Taruna merupakan organisasi sosial untuk menampung aktivitas generasi mudanya dalam mengembangkan sumber daya manusia dan kesejahteraan sosial di lingkungannya. Masyarakat yang terdapat pada lingkungan Karang Taruna itu juga terlibat dan terpengaruh dengan kegiatan Karang Taruna tersebut. Setiap organisasi seperti Karang Taruna ini juga memiliki program-program yang sesuai kebutuhan dan potensi anggotanya. Pada implementasi program kerap terjadi kendala, baik dalam biaya maupun sumber daya manusia. Anggota-anggota Karang Taruna yang mempunyai unit bisnis seperti konveksi dan produk makanan olahan belum mendapatkan penanganan yang optimal dalam informasi dan promosi unit bisnis tersebut.
Penggunaan media online merupakan salah satu cara untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang produk dan jasa yang dihasilkan para anggota Karang Taruna tadi. Karena sifat jangkauannya yang tidak terbatas jarak dan waktu, penggunaan media online sebagai sarana promosi menjadi pilihan dalam penyampaian informasi dan promosi produk-produk Karang Taruna. Perkembangan media sosial yang pesat dan strategi memanfaatkan media-media sosial tersebut menjadi pertimbangan sebagai salah satu channel dan strategi pengembangan promosi produk. Pengetahuan teknis, tips dan trik dari para pelaku bisnis yang sudah terlibat dalam penggunaan media sosial, dapat dijadikan suatu best practice dalam rangka promosi barang dan jasa.
Bentuk pengabdian masyarakat kali ini adalah memberikan pelatihan dan sharingmengenai pemanfaatan media online terutama media sosial dengan mengundang para pelaku bisnis yang sudah terlibat dalam penggunaan media sosial sebagai suatu best practice dalam bisnis. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan meninjau langsung ke lapangan untuk mengamati keberadaan Karang Taruna. Wawancara kepada ketua Karang Taruna untuk mendapatkan data mengenai keanggotaan dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Sehingga pelatihan mengenai pemanfaatan media online terutama media sosial ini tepat sasaran dan membantu keterampilan anggota dalam memberikan nilai tambah dari produknya.
Kata Kunci: karang taruna, pelatihan, media promosi online